Selasa, 08 September 2020

Hanya Seorang Manusia Lemah

Saya seharusnya megakui bahwa saya hanya seorang manusia lemah sejak lahir hingga sekarang. Saya seharusnya dapat menghayati setiap bacaan dzikir 'Lahaula Walakuata Illabillah' bahwa saya tidak memiliki kekuatan apa-apa.Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung. Tidak perlu menyalahkan orang lain atas kelemahan dalam diri saya dan menerima saja saat dikatakan istri saya bahwa saya adalah manusia paling lemah di dunia ini. Kemampuan manusia hanya sebatas nafas, tidak lebih dari itu.

Ruh, Nafas & Waktu, saat ruh kembali pulang ke alamnya, waktupun  dan jasadpun kaku tidak bisa bergerak. Dari sekarang sampai tiba waktunya nanti masih mau mengaku hebat ? masih mau merasa kuat ? ini saat yang tepat untuk mengakui bahwa kita manusia hanyalah kumpulan mahkluk yang lemah. Apa yang harus kita lakukan setelah ini selain berpasrah kepada Allah dengan menjalankan semua perintahNya serta menjauhi semua laranganNya, maka Allah akan menguatkan kita.

Mari perbanyak istigfar, taubatan nasukha. berhenti menyalahkan orang lain atas kekurangan serta kelemahan yang kita miliki. tidak perlu merasa benar dan tidak perlu menyesali apa yang sudah terjadi. cukup mengakui saja bahwa kita lemah dan insya Allah, Dia akan menguatkan kita di jalanNya dan memudahkan semua urusan kita. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar