Sabtu, 03 Oktober 2020

Efek Merokok dan Alkohol pada Kesuburan

Artikel berikut akan membantu dan memotivasi pembaca untuk benar-benar menghindari atau meminimalkan kebiasaan buruk merokok dan minum alkohol. Pembaca akan mendapatkan informasi dan panduan rinci sehubungan dengan:

hamil duluan sudah 3 bulan gara gara di perkosa oleh pemuda yang memiliki raja singa

Bagaimana merokok dan alkohol mempengaruhi kesuburan?

Seperti kita ketahui bersama bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan. Merokok mempengaruhi beberapa organ dalam tubuh yang menyebabkan kanker paru-paru, gagal jantung. Orang tua kami selalu menasihati kami untuk selalu menghindari hal-hal seperti merokok, narkoba, alkohol. Alkohol sangat mempengaruhi sistem tubuh kita. Hal ini dapat menunda pubertas dan juga mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita.

Alkohol mengandung kalori yang berkontribusi pada penambahan berat badan yang menyebabkan obesitas. Alkohol mengganggu proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Konsumsi menyebabkan pelepasan telur berkualitas buruk dan hal tersebut dapat mempengaruhi kesuburan. Alkohol yang dikonsumsi setiap hari dapat merusak beberapa organ tubuh seperti ginjal, hati, pankreas, jantung, dan sistem saraf. Ini mempengaruhi produksi hormon kita, sehingga mempengaruhi proses pembuatan hormon testosteron (hormon seks pria) yang diproduksi oleh pria. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah ovarium pada wanita yang menyebabkan hilangnya kualitas dan kuantitas ovarium, yang pada akhirnya menyebabkan kemandulan.

Minum alkohol saat hamil sangat berbahaya bagi wanita dan juga mempengaruhi kesuburan pria. Hal tersebut dapat menurunkan minat seksual mereka. Alkohol mengandung etanol yang secara langsung dapat mempengaruhi kadar testosteron pada pria. Jika asupan alkohol dilanjutkan secara teratur dalam jangka panjang dapat membuat testis mengecil dan tidak mampu menghasilkan sperma yang berkualitas. Asupan teraturnya menyebabkan penurunan tingkat energi tubuh, stamina yang menyebabkan pria cepat berejakulasi. Ini mempengaruhi pola makan kita sehari-hari dan mengisi perut kita dengan lemak tidak sehat yang menyebabkan kurang konsumsi makanan yang baik dan pola makan yang buruk mempengaruhi kesuburan.

Merokok juga mempengaruhi kesuburan pria dan wanita. Produk rokok memiliki kandungan nikotin, sianida, karbon monoksida. Ketika dihirup, racun-racun masuk melalui paru-paru dan mengenai sel indung telur dan mereka kehilangan kesuburan. Wanita yang terbiasa merokok memiliki peluang lebih kecil untuk hamil dibandingkan wanita yang tidak merokok. Jika wanita merokok saat hamil, maka bayi tersebut rentan terhadap sindrom SIDS ( Sudden Infant Death Syndrome ) atau sindrom kematian mendadak pada bayi.

Dalam kehamilan, merokok secara teratur dapat menyebabkan kelahiran prematur pada bayi. Merokok menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada pria yang mengakibatkan kemandulan. Hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas sperma sehingga sperma tidak dapat membuahi sel telur. Fakta di atas membuktikan bahwa merokok dan minum minuman keras sangat berbahaya bagi sistem reproduksi manusia. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar